MANFAAT CACING TANAH BAGI KESEHATAN

Siapa sih yang tidak mengenal hewan tidak bertulang belakang atau avertebrata yang satu ini, bagi anda yang sering melakukan aktivitas di kebun atau bercocok tanam pasti pernah melihat, atau bahkan berinteraksi langsung dengan cacing tanah. Cacing tanah ini adalah termasuk kingdom Animalia yang berada di tigkatan paling rendah.
Dari banyak artikel yang pernah saya baca, cacing tanah ini termasuk hewan yang eksotis jika dilihat dari kemampuan dan manfaatnya baik untuk manusia, hewan bahkan lingkungan, karena cacing memegang peranan penting sebagai agen penyubur tanah. Pada jaman dahulu cacing sering disebut sebagai hewan suci yang keberadaan sangat dilindungi oleh ratu Cleopatra, sedangkan di cina cacing disebut sebagai Naga Tanah dan sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional.
Cacing tanah sering dianggap sebagai hewan yang menjijikkan karena tempat hidupnya yang terkesan jorok, tetapi para petani merasa sangat senang jika dikebun mereka terdapat populasi cacing tanah dalam jumlah yang besar, karena mereka diuntungkan oleh aktivitas cacing tanah tersebut, salah satunya kotoran cacing tanah (pupuk organic kascing) yang sangat bagus untuk kesuburan tanaman. Hal inilah yang menjadi acuan para peneliti untuk memulai dan mengembangkan riset mengenai Manfaat Cacing Tanah Bagi Kesehatan dan lingkungan. Dari hasil penelitian selama 60 tahun terakhir menyatakan bahwa telah ditemukan berbagai jenis protein dalam lendir cacing yang disebut cairan selom.
Protein Pada Cacing Tanah
Cacing tanah sebagai sumber protein yang paling tinggi yaitu 76%, selain itu cacing tanah memiliki keunikan pada protein yang terdapat pada lendirnya, karena protein tersebut diketahui memiliki fungsi sebagai antibakteri yang melindungi cacing dari bakteri pathogen yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri salmonella dan ecoli. Yang membedakan antimikroba pada protein cacing tanah adalah rangkaian mekanisme pada unsur antimikroba cacing tanah yang mampu membunuh bakteri secara spesifik. Antibakteri cacing tanah mampu membuat sitoplasma sel bakteri terpapar dengan kondisi luar jaringan sehingga mengganggu system internal bakteri dan menyebabkan kematian bakteri. Maka dari itu antimikroba pada cacing masih belum dapat ditandingi atau belum ada yang lebih baik dari antimikroba pada cacing tanah.
Jenis cacing tanah
Species cacing tanah sangat beragam, berikut ini jenis cacing tanah yang umumnya banyak dimanfaatkan oleh manusia.
  • - jenis Eisenia Feitida. ( Cacing Tiger )
  • - jenis Lumbricus Rubellus.
  • - jenis Lumbricus Terristris.
  • - jenis Perionyx.
Diatas adalah jenis cacing yang sudah bisa dibudidayakan. Namun dari berbagai jenis tersebut, yang sering digunakan untuk dijadikan sebagai bahan baku obat tradisional adalah jenis lumbricus rubellus atau dikenal sebagai Europa Night Crawlers danPpheretima Aspergillum atau cacing kalung.
Kandungan Cacing tanah
Kandungan yang ada pada tubuh cacing tanah terbilang komplit mulai dari protein yang tinggi sekitar 76%, dan juga mengandung nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh seperti asam amino sebanyak 17%, karbohidrat 45%, serta kandungan lemak dan abu yang hanya 1,5%.
Manfaat Cacing Tanah Untuk Kesehatan
Cacing tanah mengandung banyak sekali protein yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktivitas biologis dalam tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat cacing tanah bagi kesehatan yang baik untuk tubuh kita.
  1. Penyembuhan tifus. Penyakit typhus adalah penyakit yang di akibatkan dari pertumbuhan bakteri salmonella typhi dalam organ pencernaan kita, pada saat kondisi tubuh sedang lemah maka antibody pada tubuh tidak mampu mengendalikan populasi bakteri tersebut. Maka dari itu kita butuh ekstrak cacing tanah untuk membantu tuguh dalam menghambat pertumbuhan bakteri tersebut.
  1. Obat Diare. Diare adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri E.Coli dan shigella. Ekstrak cacing tanah bisa kita gunakan sebagai salah satu obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit ini. Mengingat sifat cacing tanah yang menjadi antibakteri untuk beberapa bakteri yang diketahui menjadi penyebab diare.
  1. Melancarkan Peredaran Darah. Cacing tanah memiliki enzim yang mampu untuk menghancurkan lemak jahat di system sirkulasi darah kita yang disebut enzim lumbrokinase yang memiliki banyak manfaat ( baca disini mengenai Apa Itu Enzim Lumbrokinase ). Maka dari itu cacing tanah semenjak dahulu bisa digunakan untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi dan stroke.
  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan. Cacing tanah mengandung seluosa, dan katalisator yang di butuhkan oleh tubuh untuk proses metabolism itulah mengapa cacing tanah mampu membantu memperbaiki sistem pencernaan.
  1. Antipiretik. Ekstrak cacing tanah mengandung nitrogen dengan sifat basa.Antipiretik adalah senyawa yang dapat membantu mengurangi rasa nyeri pada saat kita mengalami demam tinggi pada penyakit seperti tifus. Riset yang dilakukan oleh IPB menunjukkan bahwa dengan menggunakan ekstrak cacing tanah lebih efektif untuk menurunkan demam dibandingkan dengan menggunakan bahan kimia seperti parasetamol yang mempunyai efek samping.
  1. Menenangkan syaraf. Kandungan pheretima yang terdapat dalam tubuh cacing tanah bisa mempengaruhi system saraf manusia. Dengan memberikan efek tenang kepada pasien, dan kejang-kejang bisa segera dihentikan. Sehingga, ketika kita mengkonsumsi ekstrak cacing tanah dalam kondisi sakit gigi, pusing, migrain, atau kondisi rematik maka akan segera dapat teratasi.
  1. Meningkatkan Energi. Cacing tanah mengandung taurin yang diketahui mampu meningkatkan proses metabolism pada lemak yang nantinya akan di ubah menjadi energi.
Cacing Tanah Untuk Kesehatan Kulit
Kandungan alfa-tokoferol pada cacing tanah dipercaya bisa membantu dan mempertahankan elastisitas kulit serta menjaganya agar tetap kencang. Belakangan ini mulai banyak industri kosmetik yang menggunakan cacing tanah sebagai bahan baku pembuatan produk kosmetik.
  1. Mempercepat Penyembuhkan Luka. Kandungan archidonat acid berfungsi sebagai agen untuk pertumbuhan sel-sel baru untuk mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi.
Dari beberapa penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa cacing tanah memiliki manfaat yang sangat banyak baik untuk manusia dan lingkungan.