PUPUK KASCING, PUPUK ORGANIK TERBAIK

   Kascing merupakan singkatan dari “Bekas Cacing”, yaitu merupakan salah satu jenis pupuk organik. Kascing adalah pupuk organik yang berupa kotoran cacing yang telah dikeringkan.Seperti kita ketahui cacing berperan penting dalam dunia pertanian yaitu dapat menyuburkan tanah. Lahan yang banyak terdapat cacing menandakan bahwa lahan tersebut subur. Manfaat cacing sendiri di dalam tanah yaitu menurunkan pH tanah yaitu menmakan tanah dengan pH rendah kemudian mengeluarkannya dengan pH kisaran normal. Selain itu cacing sendiri dapat menggemburkan tanah. Karena begitu banyak manfaatnya di dunia pertanian kini kotoran cacing juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai pupuk organik dan media tanam. Pupuk organik kascing dapat diproduksi dari campuran limbah ternak dan sisa tanaman dengan bantuan cacing. Pupuk kascing mengandung auksin yang berguna merangsang pertumbuhan akar. Oleh sebab itu, dewasa ini pupuk kascing menjadi favorit dikalangan para petani karena terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kualitas produksi tanaman, entah itu sayuran atau buah-buahan. Kascing atau vermicompost merupakan hasil yang didapatkan dari metabolisme tubuh cacing atau yang dikenal secara umum dengan nama kotoran cacing tanah. Kascing atau vermicompost ini sangat kaya akan unsur hara yang dibutuhkan bagi kesuburan tanah. Kascing mengandung unsur hara yang lengkap, baik unsur kimia makro dan kimia mikro yang berguna bagi pertumbuhan tanaman. Hal ini disebabkan karena kascing tersebut dalam prosesnya telah mengalami dua kali proses penguraian. Pertama, terjadi karena peran penting dari bakteri, yaitu saat sebelum dikonsumsi oleh cacing. Kedua, terjadi karena peran oleh cacing itu sendiri, yaitu saat berada dalam perut cacing lalu mengalami penguraian lewat proses metabolik. Maka tidak salah kalau kemudian kita dapat mengatakan bahwa cacing adalah merupakan salah satu Bio Degradable Engine. 


     Unsur-unsur kimia yang terdapat dalam kascing  siap diserap tanaman dan sangat berguna bagi pertumbuhan dan produksinya. Disamping itu kascing mengandung mikroba dan hormon perangsang pertumbuhan tanaman. Jumlah mikroba yang banyak dan aktivitasnya yang tinggi ini bisa mempercepat pelepasan unsur-unsur hara dari kotoran cacing menjadi bentuk yang tersedia bagi tanaman.
               Berikut tabel perbandingan kandungan unsur N, P, K yang terdapat pada pupuk organik lainnya :

No

Jenis Kotoran

Kandungan N

Kandungan P

Kandungan K
1
Kascing
1,40
4,33
1,20
2
Kotoran Sapi
0,97
0,69
1,66
3
Kotoran Kuda
0,50
0,74
0,84
4
Kotoran Ayam
2,71
6,31
2,01
5
Kotoran Itik
0,83
1,80
0,43
6
Kotoran Kambing
0,60
0,30
0,17
7
Kotoran Babi
1,25
1,85
0,75

Kandungan Pupuk Organik Kascing

Kandungan yang terdapat di dalam kascing pada dasarnya bergantung dari sumber makanan cacing itu sendiri. Semakin beragam kandungan unsurnya maka akan semakin beragam pula kandungan unsur-unsur yang terdapat di dalam kascing. Namun demikian pada umumnyakandungan hara yang terdapat pada kascing antara lain. Nitrogen (N) 0,63%, fosfor (P) 0,35%, kalium (K) 0,20%, kalsium (Ca) 0,23%, magnesium (Mg) 0,26%, natrium (Na) 0,07%, tembaga (Cu) 17,58%, seng (Zn) 0,007%, manganium (Mn) 0,003%, besi (Fe) 0,79%, boron (B) 0,21%, molibdenum (Mo) 14,48%, KTK 35,80 meg/100mg, kapasitas menyimpan air 41,23%, dan asam humus 13,88%.

Keuntungan Pupuk Kascing

Tidak membutuhkan biaya yang terlalu banyak, karena bahan - bahan yang dibutuhkan dalam membuat pupuk kascing hanya cacing,  daun/ sayur kering intinya bahan – bahan organik(dapat mengalami pembusukan yang terbilang cepat).
Mudah dalam pembuatannya, karena tidak perlu membutuhkan alat – alat yang canggih dalam membuatnya, serta mudah dipelajari oleh orang awam.
Pupuk kascing memiliki sifat continue. Sehingga pupuk kascing tidak merusak tanah karena menggunakan bahan – bahan alami dalam pembuatannya, hal ini membuat pupuk kascing bisa digunakan secara terus menerus tanpa menimbulkan efek negatif bagi tanah maupun tanaman.

Kerugian Pupuk Kascing

Efektifitas pupuk kascing terhadap tanaman kurang cepat atau membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang pupuk anorganik. Karena pupuk kascing dibuat secara alami.
Perlu ketelitian dalam mengolah bahan yang digunakan, bila salah dalam mengolah hasil yang didapatkan kurang memuaskan, dan mungkin sangat mengecewakan. Contoh bila menggunakan bahan organik seperti sisa jeruk, pastikan sisa jeruk kering. Bila tidak kering mengakibatkan cacing mati, karena cacing tidak tahan terhadap tingkat keasaman yang tinggi.

Manfaat  Pupuk Kascing

Pupuk kascing yang telah jadi atau siap untuk digunakan, memiliki manfaat yang sangat tinggi, baik bagi tanah maupun bagi tanaman. Beberapa manfaat pupuk kascing adalah :
  • Dapat meningkatkan pertumbuhan, baik vegetatif maupun generatif untuk tanaman hias, sayuran dan buah buahan.
  • Dapat memperbaiki dan meningkatkan penampilan tanaman sehingga menjadi lebih eksotis (warna bunga, tekstur dan postur pohon)
  • Sangat baik untuk digunakan sebagai campuran media tanam pada persemaian.
  • Mengandung hormon yang mampu memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah


     Dengan banyaknya kelebihan yang didapat dari penggunaan pupuk kascing, maka haruslah para petani yang biasa menggunakan pupuk anorganik beralih menggunakan pupuk kascing. Meskipun pupuk anorganik membuat hasil panen lebih maksimal, namun penggunaannya dalam jangka lama membuat rusaknya lingkungan sehingga pada akhirnya hasil panen akan terus menurun. Berbeda dengan pupukk kascing yang apabila digunakan dalam jangka lama justru akan meningkatkan kualitas tanah. Hasil panen tidak sebanyak dengan penggunaan pupuk anorganik tetapi akan menghasilkan jumlah panen yang relatif stabil dan berkelanjutan.

Berikut ini video cara membuat pupuk kascing dari Kotoran Sapi


Sumber : http://pengetahuanpanganpertanian.blogspot.co.id/

Kami menjual Produk Olahan Cacing untuk pakan ternak, pakan burung kicau, umpan mancing, pakan udang, dll

1. Cacing Segar

2. Tepung Cacing

3. Cacing Kering

4. Pupuk Organik Kascing

Hubungi kami :

Ds. Semaya RT.11 RW.03 Kec. Randudongkal Kab. Pemalang

Telp/SMS : 0823.2265.9990

WA : 0877.1158.9595